Mengintip tips atasi stres dari Instagram, terbukti nih!

12:55 PM

Assalamu'alaikum.

Bulan September sudah menuju akhir. Apakah resolusi 2018? Sudah berapa yang dicentang? Udah mau kelar nih 2018! *Bikin panik orang*

Adakah di antara kalian merasa (kadang) terbebani dengan ekspektasi dan harapan yang tak kunjung terwujud? Jangan sedih, kamu nggak sendirian.

Jujur saja, usia memasuki 20 tahun ke atas adalah waktu yang bikin gonjang-ganjing. Orang menyebutkan crisis quarter of life. Nggak usah dibayangin, coba inget-inget lagi di usia 20 tahunan apa aja yang bikin kamu kepikiran pake banget?

Pasti masalah kuliah atau pendidikan, karier atau pekerjaan, keuangan (gaji, cash flow), dan percintaan. Kalau kamu seumuran denganku, selamat datang di dunia maya yang timeline penuh dengan orang kondangan, tunangan, nikahan, hingga lahiran. Sekali lagi, you are not alone, guys.

Aku pernah menyeletuk ke teman. Menunjukkan fenomena timeline media sosial yang penuh dengan tunangan hingga nikahan. "Hei Vin! Itu belum apa-apa. Tunggu aja besok, timeline-mu bakal dipenuhi foto-foto bayi gemes dan lucu. Temen-temenmu bakal posting foto anaknya."

Kemudian manggut-manggut.

"Nikmatin aja tahapan fase timeline-mu," timpalnya.

Sementara itu, belakangan muncul cuitan-cuitan berisi kegelisahan teman-teman seusiaku. Mereka mulai mempertanyakan arah dan arti kehidupan. Mereka merasa hidup di masa 'clueless'. Nggak tahu mau ngapain dan nggak tahu arah tujuan hidup.

Kalau boleh jujur, aku pun pernah mengalaminya. Sampai sekarang malahan. Pengen punya rumah sendiri pakai hasil kerja keras baqai kuda tapi masih aja begini. Pengen liburan ke luar negeri sebagai achievement moment karena udah kerja tapi sama siapa? Nggak mau travelling sendirian lagi. Pengen serius tapi lainnya becanda. Hehe

Muncullah gejala-gejala stres. Kata stres sendiri merupakan ketegangan atau tekanan yang dirasakan, baik secara fisik, mental, maupun emosi. Apabila tidak dikelola dengan baik, stres dapat berdampak buruk, seperti depresi dan cemas. Begitu gambaran stres dari akun Instagram @sehatmental.id.




Beberapa hari lalu, aku terpantik membuat thread panjang di Twitter. Ala-ala selebtwit padahal mau curhat aja ya kaaaan? Enggak dong! Dengan tegas, aku sampaikan thread yang ku buat untuk sharing.

Dari postingan akun @sehatmental.id, mereka berbagi tips untuk mengelola stres. Ada beberapa aktivitas, mulai dari menulis (journaling) sampai menggambar. Kelihatan sepele tapi ternyata bisa membantu mengatasi tekanan dalam diri.

Beberapa udah aku terapin mulai dari bikin jurnal, dengerin musik, gambar, sampai olahraga. Tentu saja semua bisa bermanfaat di waktu yang tepat. Berdamai dengan masalah yang ada dalam kehidupan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Intip pengalamanku mengatasi stres. 

1. Bikin jurnal.



Udah dari SMP bikin jurnal yang awalnya nulis kegiatan sekolah misal ada pekerjaan rumah (PR) atau tugas apa. Dilakuin rutin sampai kuliah. Tapi paling rajin SMA. Jurnal hadiah majalah yang kece bikin semangat nulis. Lama-lama mulai nggak percaya sama nulis karena pernah di titik nulis malah bikin stres.

2. Olahraga.
 Mulai sadar usia menua sementara aktivitas kurang gerak. Tanpa disadari temen kantor bilang, “vin lu gendutan ya”
Ya gimana lagi, gorengan catering ibunya enaaaaak banget. Bawaan makan martabak mulu dan begadang.

Padahal kantor ada program badminton tiap senin. Sepak bola tanding sama media lain juga digalakkan. Tapi peminatnya kebanyakan anak cowok. Anak cewek ngide senam dan difasilitasi. Dari situ semangat senam👌👌Cuma mulai tumbang satu-satu dan sekarang nggak ada senam.

Abis lebaran kemarin mulai download video cardio work out biar jantungnya sehat. Sesekali renang dan capek happy🧘🏻‍♀️

Abis olahraga badan jadi seger😇😇😇 ngeluarin keringat jadi hobi beberapa saat. Yaaaa karena udara rumah yang dingin membuatku memilih selimutan~

3. Dengerin musik. 
Awalnya kalau lagi sedih seneng nyetel lagu sedih sampe lagu hits serba ajep-ajep didenger. Lama-lama dengerin lagu jadi bagian dari kerja. Dan kerja bisa jadi salah satu faktor pemicu stres. Jadiii dengerin lagu mulai nggak bisa jadi penawar stres buatku.

 Berhubung akunya suka melow di saat PMS, kadang kala terbawa suasana hormonal. Hiks. Tercetuslah playlist berikut ini.


4. Gambar.
Beberapa minggu lalu aku bongkar tumpukan buku dan menemukan hadiah dari @fetydian . Sebuah buku mewarnai ala doodle yang baru kuselesaikan 2 halaman. 😭😭😭 pegel dan kudu telaten buat selesain. Akhirnya coba lagi mewarnai hasilnya cuma nambah 2 halaman aja.

5. Baca buku...... Lebih banyak baca portal media daripada buku 😂 demi konten skip.

6. Makan sehat. Mulai ngurangin indomie dll minimal sebulan sekali tapi micin tetep jalan. Gorengan as always. Minum air putih kurang banyak. Mohon tips untuk gaya hidup sehat.

7. Cerita. Kadang kita cuma pengeen cerita. Mulailah dari aku pengen cerita. Atau gimana hari ini? Kayak sama @ferizka_winda, gimana hari ini? Lagi sibuk nggak? Atau tiba-tiba promosi aplikasi tantan jadi melebar.

8. Tiduuuur. Masalah emang nggak selesai kalau cuma dibawa tidur. Tapi kan ku butuh istirahat~ yowis tidur. Inget kantung mata yang makin melebar.

9. Nonton film atau drakor. Aku tahu itu fiksi tapi bagus dan bikin seneng.

10. Nyuci piring.
Aku kalau lagi capek kadang milih nyuci piring lagi. Tengah malem dijabanin karena emang ada piring kotor si.

11. Masak. Pernah nggak si kalian laper banget tapi udah malem atau nggak ada duit. Trus pengen pedes-pedes. Karena program tanpa indomie akhirnya goreng nasi cabe 10. Aku kayak pernah baca orang pengen pedes atau asin adalah tanda diri stres (cuma nyari lagi webnya nggak nemu).

12. Main games tetris. Skor tertinggiku masih 1481. Bukan tetris ding tapi block puzzle.

13. Nontonin video lucu di media sosial. Nggak bosen nonton badut oppo gerak-gerak sampe hobi youtube-an tonight show yang isinya tentang games.

14. Main sama sodara apa ponakan.

15. Lewat sawah-sawah sebelum ke kantor. Lha emang rutenya situ-situ aja😂😂

16. Beli thai tea. Suka memberikan hadiah buat diri sendiri dengan beli thai tea. Sambil bilang, terima kasih buat hari ini.

17. Kencan. Ketemu pacar atau gebetan yang bikin nyaman buat cerita apa aja❤️❤️

18. Coba terus jangan sampai kendooor👌👌 Nggak ada salahnya dicoba. Salah kalau nggak mau nyoba tapi uda pesimis duluan. Ciptain cara kelola stresmu sendiri. Tiap manusia diciptakan unik, termasuk kamu yang sempet baca ini. 😝 Kamu bisa melewatinya🏃🏾‍♂️🏃🏾‍♂️🏃🏾‍♂️

19. Satu lagi dijadiin medsos ladang info. Follow akun yang nggak melulu nampilin visual tapi juga informasi. Kayak aku follow nkcthi, sehat mental, tabu, financial advicer, blogger, agen travel dan tentunya portal media. Pilih-pilih influencer yang bisa memberi manfaat atau 'berdampak'. 

Mengapa dari banyaknya list di atas tidak ada yang berkaitan dengan agama atau ibadah? Buatku ibadah adalah kewajiban yang kita lakukan sehari-hari. Sama halnya dengan makan dan minum yang harus kita lakukan dalam keseharian.

Tentu ibadah bisa memengaruhi ketenangan batin dan rohani tapi setiap orang punya pengalaman spiritual yang berbeda. Sampai saat ini aku masih berjuang untuk mencari ketenangan batin. Aku belum bisa jawab kalau masalah ibadah. Huhuhu...

Postingan ini menyadarkan bahwa manusia tidak selalu senang. Ada saatnya sedih dan pengen marah. Nikmatin aja, kamu manusia bukan dewa. Kendalikan stresmu. Nggak ada salahnya dicoba. Salah kalau nggak mau nyoba tapi uda pesimis duluan. Ciptain cara kelola stresmu sendiri. Tiap manusia diciptakan unik, termasuk kamu yang sempet baca ini. 😝 Kamu bisa melewatinya🏃🏾‍♂️🏃🏾‍♂️🏃🏾‍♂️

Mengutip lirik dari Kunto Aji berjudul Rehat, "tenangkan hati. Semua ini bukan salahmu. Jangan berhenti, yang kau takutkan tak kan terjadi."



Semoga bermanfaat sharing-ku kali ini.

Wassalamu'alaikum.

You Might Also Like

0 comments