Serunya traveling sendirian

5:58 AM

Pergi ke mana aja selalu nyari makanan Indonesia.

Assalamu'alaikum.

Akhirnya Tuhan mengabulkan harapanku lebih cepat dan dikemas lebih menarik dari rencanaku.
Aku memiliki keinginan untuk ke luar negeri. Keinginan makin kuat setelah memiliki passport. Negara impianku adalah Belanda dan Jepang. Mari kita panjatkan doa supaya suatu saat terkabul. AAMIIN!

Melanjutkan dari postingan sebelumnya, akhirnya aku bisa memberi cap pada passportku. Meskipun perginya nggak jauh dari Indonesia tapi rasanya tetap aja bahagia.

Momen pertama ke luar negeri yang aku alami bener-bener membekas. Tak henti mengucap syukur atas karunia yang Tuhan berikan. Yeay!

Kalian bisa membaca hasil liputanku di Sarawak di sini. Kerja rasa liputan beneran deh! Dulu waktu masih kuliah sempet ditanya, "kenapa pengen jadi wartawan?"
Jawabanku enteng banget, "biar bisa kemana-mana gratis."

Ye, akhirnya aku bisa mencicipi kerja rasa liburan. Seperti ceritaku sebelumnya, aku berangkat sendirian dari Jogja ke Miri. Sepanjang perjalanan, aku lebih banyak melakukan hal baru. Mulai dari hal sepele hingga konyol. Karena pengalaman jalan-jalan sendirian, akhirnya semua kelakuan dimaafkan.

Pertama, aku anaknya suka kepo. Jadi pas jalan-jalan sendiri, puas-puasin melihat kiri-kanan. Keliling tempat semaksimal mungkin sampai kaki gempor geret koper 6 kiloan.

Ceritanya, transit dan turun di Kuala Lumpur Airport 2. Setelah baca-baca review  banyak orang, aku memutuskan untuk keliling dari lantai 1 sampai lantai 3. Kebetulan punya waktu sekitar 3 jam sebelum take off penerbangan ke Miri.

Dari satu toko ke toko lain dijabanin. Lantai satu clear, lanjut ke lantai 2 dan akhirnya nyerah capek di lantai 3. Nggak kerasa badan mulai haus sama laper dan akhirnya jajan di minimart. Aku beli air mineral, roti, dan milo. Semua cuma habis sekitar 5 RM.

Lanjut check in. Trus keliling lagi dari toko satu ke toko lain. Kepengen beli alias laper mata tapi berhubung lagi permulaan, akhirnya ditahan.

Setelah 2 jam terbang, aku tiba di Miri sekitar jam 10. Bandaranya kecil mirip Jogja. Mata udah mulai ngantuk tapi harus onfire. Gara-gara ngantuk, saat di bagian imigrasi aku malah antre di bagian passport Malaysia. Harusnya antre di bagian foreign. Untung langsung sadar dan pindah. :)

Saat di pintu penjemputan, sudah ada sopir yang menjemput. Aku dan beberapa rombongan media langsung diantar ke hotel. Posisi udah hampir jam 11 malem, pengen tidur, mandi, beres-beres tapi takut nggak bisa bangun pagi.

Michelle dan Azzam selaku PR mampir ke kamar buat ngasih tahu kalau acara mulai pagi. Oke akhirnya, set alarm biar bangun. Kudu pinter bagi waktu kalau traveling sendirian.

Aku mendapat fasilitas kamar ukuran deluxe, king bed gitu sendirian. Kerjaanku pas sampai hotel cuma bilang, "sendirian banget nih di hotel ginian." Wkwkwk

Biar ramai, aku pun setel TV. Membiarkan suara dari TV bikin rame padahal mah parno aja sendirian. Hehehe. Setelah beres-beres, aku tidur. Alhamdulillah, aku bisa bangun dan sarapan pagi di restoran hotel. Lalu berangkat liputan.

Selama di Miri, aku ikut rombongan media jalan-jalan menyusuri tempat-tempat wisata. Kalau kamu baca tulisanku, semua aku ceritain di situ.

Etapi ada pengen ku bagi di luar tulisanku. PENGALAMAN YANG CUMA KU BAGIKAN DI SINI.

Hari kedua, ada waktu cukup panjang buat free time. Nggak sedikit dari rombongan yang milih explore sendiri. Kami diantarkan ke hotel setelah itu bebas mau ngapain yang penting sore kumpul lagi. Petualangan dimulai!

Nggak dipungkiri, rasa kantuk yang teramat besar membuatku memilih untuk rebahan dulu di kamar. Balik ke kamar, eh tahunya kagak bisa tidur. Akhirnya kepo lewat gugling dan menemukan lokasi restoran khas Indonesia deket hotel.

Lewat grup WA, wartawan dari Malaysia ngabarin kalau dia nemu rumah makan khas Miri yang enak. Eh berhubung belum makan siang dan nggak bisa tidur, aku memutuskan untuk keliling sekitar hotel. Rasa takut sempet muncul tapi nekat aja. Kapanlagi ku bisa ke sini lagi?

Bertemulah aku dengan Restoran Surabaya di dekat hotel. Yeaaaaay! Dasar, pergi ke mana aja tetep yang dicari makanan rumah. Restoran ini dikelola dan dibangun oleh orang Indonesia yang kini memilih jadi warganegara setempat. Meski begitu, suasana Indonesianya dapet banget.

Pas nunggu pesanan, aku denger para pegawainya ngomong pakai Bahasa Jawa. TV setelan di resto aja channelnya SCTV.

Restoran Surabaya ini menjual beragam makanan seperti bakso, soto, hingga nasi lalapan. Aku pesan nasi lalapan ayam yang biasa. Pas dateng di meja, bahagia banget lihat makanannya. Porsinya gede bet buat ukuranku.

Sebenarnya nggak susah buat nemuin restoran ini dengan modal gmaps. Berhubung anaknya nggak paham arah dan susah baca peta, akhirnya belok sana-sini--nyari jalan sendiri pun bisa sampai.

Aslik enak banget nasi lalapan ayam. Di sana tersedia dua jenis sambal, buat kamu pecinta pedes bisa milih paket yang lebih pedes. Aku milih biasa karena nggak mau mules gegara masih ada sehari lagi di Miri. Meski biasa, rasa pedesnya bukan main. Aku kepedesan!

Selesai makan, aku sempat mengobrol dengan pemilik restoran. Rasa penasaran membuatku terdorong tanya tentang restoran.Sebelumnya pernah aku ceritain di Twitter, niat mau copas tapi udah ketilep threadnya. Sorry huhu..

Selanjutnya, mencoba mencari toko oleh-oleh namun akhirnya mampir ke supermarket. Daripada kagak dapet oleh-oleh, akhirnya beli seadanya di supermarket. Coklat ukuran gede 4 biji masuk ke kantong besar. Masih ada waktu sejam lagi, aku putuskan buat balik ke hotel buat siap-siap liputan.

Satu poin yang aku dapatkan dari perjalananku. Keputusanmu saat jalan-jalan bisa memengaruhi jalan-jalanmu. Mau ntar nyasar, coba aja dah. Ntar kalau salah ya akhirnya cuma ketawa sendiri menyadari kebodohan yang dilakukan.

Cerita selanjutnya langsung kepulangan.
Koper dari 6 kilo naik jadi 8 kiloan. Sadar pas checkin koper ditimbang muncul angka 8.2 kg. Setdah, pantesan ya masukin koper ke kabin--tangan we gemeteran nggak kuat. Anehnya, koperku diperbolehkan masuk. Mungkin petugasnya nggak sadar yaa?

Perburuan oleh-oleh kembali dilanjutkan di KLIA2. Kali ini segmented, oleh-oleh by request yang akhirnya bikin kaki gempor gegara muterin berulang kali.
"Eh tadi tokonya di bagian situ. Pas didatengin, ternyata bukan yang di situ." Muterin lagi nggak ketemu, muter lagi.

KLIA2 gampang dijelajahi dan ada banyak fasilitas meja informasi yang tersedia. Mau lanjut ke destinasi wisata di Kuala Lumpur bisa banget. Transportasi banyak tersedia mulai dari MRT, bus, hingga taksi.

Seru banget ya jalan-jalan sendirian. Kita ketemu orang baru bisa dapat pengetahuan baru. Contohnya pas nunggu waktu check in, tiba-tiba dihampiri ibu-ibu asal Indonesia. Beliau cerita udah lama kerja di Malaysia dan ninggalin anak-anaknya. Beliau ninggalin anak buat cari biaya hidup anaknya. Semua anaknya bisa sekolah tinggi dengan hasil jerih payah ibu.

Satu lagi yang penting diceritain. Aku dikira anak sekolah :)) hehehe

Nggak kerasa udah panjang aja tulisannya. Cukup sekian cerita hari ini. Kalian pernah punya pengalaman yang sama?

Traveling sendirian itu nggak semenakutkan yang dibayangkan. Kalau ditanya, mau traveling sendiri? Boleh jawabku. Tapiiiiiii.... pengen juga liburan bareng biar ada saksi mata gitu ;)

Sampai jumpa di cerita lainnya. Wassalamu'alaikum.